Optimalkan Kunjungan, Tim Polri-INTI Peduli Lombok Jangkau Korban Gempa di Barat, Utara dan Timur

Written by candra

On August 24, 2018

Tim PolriINTI Peduli Lombok optimalkan kunjungan pertama ke pulau Lombok pada 24-26 Agustus dengan menjangkau korban gempa di 3 penjuru lokasi yaitu Lombok Barat, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

Hal ini bisa terjadi karena tim yang terdiri dari Pengurus Pusat INTI dan Baharkam Polri ini diperkuat dengan kedatangan Ketua INTI Bali Sudiarta Indrajaya dan putranya Gana Dhammika Indrajaya dari Gema INTI Bali. Sementara dari Polda NTB, Dirbinmas Kombes Pol Benny Basir sangat menguasai situasi kondisi di lapangan.

Pada pagi hari, tim bergerak ke Barat mendatangi desa Kekait Wanasari dan desa Wadon di kecamatan Gunung Sari meninjau tenda pengungsian. Selain memberikan santunan dan bantuan, di sana juga diadakan kegiatan Trauma Healing menari dan menyanyi bersama anak-anak pengungsi korban gempa binaan mahasiswa-mahasiswi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Selepas dari Barat, tim langsung menuju Utara meninjau Polsek Pemenang serta memberi bantuan kepada warga yang rumahnya hancur karena gempa. Warga yang rumahnya hancur akhirnya ditampung dengan dibuatkan tenda pengungsian dan pusat layanan kesehatan di sekitar Polsek.

Kapolsek Pemenang Iptu Hilmi Manossoh Prayugo menyatakan beberapa anggota Polsek juga menjadi korban gempa. Rumahnya hancur karena gempa, tapi tetap bertugas melayani masyarakat.

“Kemarin Kapolri datang ke sini menyemangati anggota yang menjadi korban gempa. Mereka jadi termotivasi kembali,” ungkapnya.

Selesai dari Polsek Pemenang, tim bergerak menuju di dusun Mentigi desa Malaka masih di kecamatan Pemenang. Sejumlah pemukiman warga dan Mesjid hancur tidak berbentuk, tim memberikan santunan dan bantuan berupa terpal, selimut, sarung, pispot dan handuk serta biskuit dan alat tulis untuk anak-anak.

Koordinator INTI Club Drs. Efendi Hansen Ng menyampaikan saat menyerahkan bantuan dan santunan kepada Kepala Dusun Mentigi, sempat disampaikan kalau mereka mendambakan bisa dibuatkan sebuah mesjid sederhana atau sebuah tempat layak yang untuk beribadah.

“Saat ini mereka sholat di tenda besar beralaskan terpal. Kadang suka becek kalau hujan katanya. Kami akan usahakan untuk bantu,” kata Hansen.

Dari Mentigi, tim kembali ke hotel Lombok Raya di Mataram untuk evaluasi kegiatan dan menyerahkan bantuan kepada warga korban gempa di Dusun Gerangoan, Desa Labuan Lombok, kecamatan Pringabaya, Lombok Timur.

Kabag Opsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Drs. Ricky Wakanno selaku ketua tim saat rapat evaluasi menyampaikan terima kasih atas kerjasama tim yang solid namun ada beberapa hal yang perlu diperkuat lagi saat kunjungan berikutnya.

“Berdasarkan hasil perjalanan hari ini, yang mendesak dibutuhkan warga adalah terpal dan air bersih. Tim PolriINTI Peduli Lombok segera akan membuat sumur bor di beberapa titik atas masukan dari Dirbinmas Polda NTB,” kata Ricky.

Silakan Berbagi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel yang Lain…